Bangun Kembali Minat Belajar Anak Melalui Program Taki Mi’ Guru

Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga berkolaborasi dengan Lembaga/Mitra Relawan NGO/LSM dalam Kelompok Kerja (Pokja) Bidang Pendidikan, pada Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekonstruksi Penanganan Pasca Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Mamuju. Salah satu program unggulan dalam kerja sama tersebut adalah Taki Mi’ Guru, yakni kegiatan yang mengajak anak-anak untuk belajar kembali pasca bencana gempa bumi.
Taki Mi’ Guru dilaksanakan di 40 titik lokasi, dibagi dalam beberapa kelompok dan ditangani oleh lembaga-lembaga mitra dalam Pokja Pendidikan. Salah satunya adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Human Initiative di Perumahan Graha Nusa 3, pada tanggal 15 dan 17 Maret 2021 lalu.
”Melalui Taki Mi’ Guru ini kami mengajarkan tentang kebencanaan. Apa itu bencana, bagaimana ketika bencana gempa itu datang, apa yang harus dilakukan, cara memakai masker dan jaga jarak. Juga edukasi mengenai trauma healing dan psikososial.” terang Nur Hidayat Rauf, vocal point Human Initiative.
Dalam waktu dekat, Pokja Pendidikan bersama Human Initiative juga akan melaksanakan Program Rumah Ramah Anak, yakni kegiatan berbasis pendidikan dengan mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar untuk membangun kembali minat belajar anak-anak pasca bencana gempa dan Covid-19.
“Melalui kolaborasi ini, kami harap agar psikologi anak pasca gempa bisa kembali pulih, sejajar dengan semangat belajarnya. Kepada orang tua untuk bisa memberi pendampingan penuh terhadap anak agar mereka tetap belajar. Kami juga mengharapkan agar kerja sama ini bias terus dilaksanakan demi percepatan pemulihan pasca bencana.” Sambung Nur Hidayat di akhir wawancara.